Minggu, 28 November 2010

Sunnah Rasulullah

Tentu saja, setiap diri seorang muslim harus mengikuti Sunnah Nabi Muhammad SAWW. Sunnah yang yang telah dirisalahkan oleh Beliau dan  diyakininya sebagai satu-satunya jalan menuju keselamatan hidup di dunia dan di akhirat. Namun, pertanyaannya adalah Sunnah Nabi dari sumber yang mana yang harus diikuti?

Jika kita menggunakan kata “Sunnah” saja, hal itu tidak memberikan jawaban spesifik atas persoalan ini, sebab setiap kelompok muslim mengikuti Sunnah menurut versi mereka sendiri, maupun interpretasi mereka sendiri atas Qur'an dan Sunnah tersebut.

Lebih jauh, kata “Sunnah” sendiri tidak memberikan landasan pengetahuan. Semua Muslim, tanpa memandang kepercayaan mereka, mengklaim bahwa mereka lah yang mengikuti Sunnah Nabi Muhammad SAWW.

Perbedaan di antara kaum Muslim muncul dari perbedaan jalur periwayatan hadist-hadist Nabi Muhammad SAWW.  Sedangkan hadis-hadis tersebut bertindak sebagai penjelas atas makna-makna Quran, yang keasliannya disepakati oleh semua Muslim.

Maka, perbedaan jalur periwayatan hadis yang pada gilirannya mengantarkan pada perbedaan interpretasi atas Quran dan  Sunnah Nabi —telah menciptakan berbagai versi Sunnah.  Semua Muslim, jadinya terpecah ke dalam berbagai mazhab, golongan, dan  sempalan. Semuanya mengikuti Sunnah versi mereka sendiri yang mereka klaim sebagai Sunnah yang benar. Kalau demikian, kelompok mana yang mengikuti Sunnah Nabi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bismillaahir rahmaanir rahiim...

Asyhadu anlaa ilaaha illallaahu,
Wa asyhadu anna Muhammadun rasuulallaahi.

Ass. Wr. Wb.